Bagaimana Perusahaan
Anda Tumbuh dan Berkembang terus? Tidak karena Inovasi Teknologi, bukan
juga karena Strategic Planning yang Handal, dan sedikit pula peran dari
Permodalan yang Kuat. Terlepas dari penting juganya beberapa faktor
yang disebut diatas, yang utama adalah bahwa Laju Tumbuh Kembang
Perusahaan Anda tergantung pada Manusia atau Orang-orang dalam
Organisasi.
Sejauh Mana Anda mampu Empowering dan Recognition
mereka dalam Lini Organisasi, Fungsi dan Tugas mereka. Apresiasi dan
Penghargaan adalah Program Insentif yang sangat Mendasar bagi Bisnis.
Apresiasi dan Penghargaan tidak melulu tentang Materi atau Uang. Bahkan
hanya dengan ucapan “Kamu Luar Biasa Ide nya dan Mari Kita
Implementasikan” sudah cukup bagi Anda membawa Aura Positif dalam
Lingkup Kerja Karyawan.
Konsep Sederhana adalah “Buatlah Karyawan Anda merasa di Apresiasi atau Dihargai dan Mereka akan Bekerja Lebih Keras dan Lebih Loyal”.
Namun masih ada perbedaan antara Harapan Karyawan dan Pemikiran Manajer
akan sebuah Penghargaan. Para Manajer masih beranggapan bahwa Promosi
dan Bonus adalah dua faktor utama yang efektif dalam apresiasi
karyawan. Sedangkan karyawan merasa bahwa Ungkapan Terima Kasih secara
Personal dan Laporan Langsung pada Top Management jauh lebih berharga.
Mungkin memberi bonus lebih mudah akan
tetapi menciptakan Budaya dimana Terima Kasih menjadi Kebiasaan
Organisasi akan lebih berharga, terlebih dengan kondisi ekonomi sulit
ini, Ekspresi Wajah Tulus adalah Apresiasi Dasar Manusia. Sebuah Plakat
Karyawan Terbaik (Employee of The Month) akan menarik dalam 15 menit
pertama, namun setelah itu orang hanya akan melupakannya. Program Employee of The Month
hanya sebuah cara singkat untuk memastikan karyawan bahwa dia
dihargai. Namun ucapan terima kasih dari manajemen lainnya dipastikan
menjadi sebuah Penghargaan yang Tak Terlupakan.
Berikut beberapa cara menciptakan Budaya Apresiasi bagi Karyawan Anda:
- Libatkan Eksekutif lainnya dalam Program Apresiasi ini.
- Sebutkan Karyawan Berprestasi dalam Rapat Manajemen Mingguan atau Bulanan.
- Ucapkan Terima Kasih dan Apresiasi secara Pribadi.
- Kirimkan Catatan Pribadi, E-mail, SMS atau BBM Anda pada Karyawan Berprestasi.
Kebiasaan Terima Kasih yang teratur akan
membuat Karyawan Anda pun mampu menerima Kritik dengan Lebih Baik dan
Terbuka dengan Umpan Balik yang Spesifik. Jika Anda jelas tengah
mengembangkan Potensi dan Kemampuan Karyawan maka Umpan Balik Positif
dan Umpan Balik Negatif akan menjadi Pembicaraan Rutin.
Sebagai Pimpinan Anda tidak perlu hanya
bersikap Mengakui Kesalahan Karyawan namun Melupakan Pekerjaan Baik
mereka. Anda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa ada Karyawan Anda
yang perlu di Apresiasi hanya dengan ucapan Terima Kasih secara Personal
atau Pribadi. Karyawan Anda akan merasa sebagai bagian perusahaan yang
berharga dan pasti lebih berdampak pada Produktivitas dan Loyalitas
mereka. Budaya Apresiatif ini harus ditularkan pada seluruh rekan dan
kolega kerja sehingga akan saling memuji dengan tulus satu dan lainnya.
Sumber : Ikhtisar.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar